Pantai Lombang

Share

Pantai Lombang hampir mirip kebanyakan pantai di Jawa Timur airnya yang biru dan pantainya yang berpasir dan berwarna agak kekuningan. Yang membedakan Pantai Lombang dengan pantai lain di Jawa Timur adalah pantainya ditumbuhi oleh Cemara Udang yang menghiasi hampir seluruh bibir pantai. Harga tiket masuk ke areal Pantai Lombang per orang Rp5.000,-. Di areal .

Pantai Lombang adalah salah satu pantai yang terletak di kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini tepatnya terletak di Kecamatan Batang-Batang, kira-kira 30Km sebelah timur Kota Sumenep. Pantai Lombang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Bumi Sumekar. Di Pantai Lombang, selain deburan ombak yang cukup tenang dan pasir yang sangat halus, para pengunjung juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon Cemara Udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai. Untuk menuju ke Pantai ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat, yang jalannya cukup bagus.

Konon di dunia hanya punya dua tempat yang ditumbuhi pohon Cemara Udang. Salah satunya ada di Indonesia. Yaitu, di Pantai Lombang. Satu lagi ada di beberapa perairan di laut Tiongkok atau Cina. Sebab, menurut sejarah, pohon Cemara Udang yang tumbuh di Pantai Lombang tersebut berasal dari perairan Cina. Namun, tidak menutup kemungkinan pohon Cemara Udang yang ada di Cina justru berasal dari Pantai Lombang yang dibawa petualangan Nusantara.

Jadi, untuk merasakan sensasi berada di pantai perairan Cina, Pantai Lombang bisa jadi jujukan. Meski demikian, tak banyak yang tahu mengenai keistimewaan pohon Cemara Udang yang tumbuh di pantai tersebut. Hanya beberapa wisatawan yang tahu bahwa Pantai Lombang dengan pohon Cemara Udangnya sangat spesial. Bisa dibilang milik dunia, karena di dunia hanya ada dua lokasi tumbuhnya pohon tersebut.

Wisatawan yang ingin bermalam di Pantai Lombang dapat mendirikan tenda di tepi pantai, sebab belum tersedia hotel di sekitar pantai ini. Fasilitas penginapan yang ada, yaitu pondok-pondok alami dari kayu, biasanya hanya diperuntukkan bagi peserta paket wisata dari agen perjalanan tertentu. Apabila terpaksa harus menginap, wisatawan dapat memperoleh jasa hotel di Kota Sumenep.

Di pantai ini telah tersedia kamar bilas bagi para pengunjung untuk membersihkan badan sehabis bermain pasir atau berenang. Jika ingin duduk-duduk santai, wisatawan dapat memanfaakan beberapa tempat duduk atau warung-warung kecil di pinggir pantai yang menjual berbagai hidangan khas Sumenep dan Madura lainnya. Ada soto, sate, rujak, degan dan makanan lain yang hanya ada di Madura. Di tengah teriknya matahari, rujak lontong yang lezat, serta segarnya es degan sangat cocok untuk dinikmati.


Photo Pantai Lombang 01-15 Photo Pantai Lombang 16-30 Photo Pantai Lombang 31-45 Photo Pantai Lombang 46-60

Share